~ 5 Minutes Read
Nov 08, 2019 ~ 5 Minutes Read

Bagaimanakah Prinsip Kerja Motor Listrik?


08

Nov 2019

Seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap dampak lingkungan, maka penggunaan motor jenis listrik semakin menjamur belakangan ini. Prinsip kerja motor listrik sendiri adalah mengubah energi listrik menjadi mekanik atau lebih dikenal dengan energi listrik. Kendati demikian, tidak banyak orang memahaminya dengan baik.

Penggunaan motor ini memang masih cukup jarang di Indonesia. Sebab di jalan raya, penggunaan dari kendaraan konvensional dimana menggunakan bahan bakar mendominasi. Padahal jika dilihat lebih jauh lagi, keberadaan dari kendaraan tersebut memberikan banyak manfaat. Seperti mampu mengurangi polusi udara hingga sebagai pengganti dari bahan bakar minyak.

Ini Prinsip Kerja Motor Listrik Yang Perlu Diketahui

Kehadiran dari motor inipun memang menjadi bukti pengembangan teknologi dalam dunia otomotif. Kemunculannya sendiri dipercaya mampu menggantikan tipe kendaraan konvensional saat ini. Di pasaran, anda dapat menemukan 3 jenis motor listrik seperti tipe DC, induksi hingga sinkron. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Selain itu, prinsip kerja dari ketiga jenis kendaraan diatas juga hampir sama tetapi bedanya adalah besaran interaksi medan magnet didalamnya tersebut. Secara umum, prinsip kerjanya adalah arus listrik yang dihasilkan didalam medan magnet tersebut mampu memberikan gaya pada motor.

Dimana terdiri dari beberapa komponen yakni loop di bagian dynamo serta adanya pasangan gaya dimana bertugas buat memutar bagian kumparannya. Pada tipe sepeda listrik tanpa pedal sendiri ternyata dilengkapi dengan beberapa bagian seperti baterai dan charger, dynamo, controller hingga adanya panel display.

Baca Juga : Kenali Regulasi Motor Listrik yang Berlaku di Indonesia

Penggunaan dari motor listrik inipun juga mempunyai beberapa keuntungan yang perlu diketahui. Terlebih lagi sekarang, polusi udara memang menjadi isu cukup ramai belakangan seiring dengan adanya pertambahan kendaraan bermotor semakin banyak di jalanan.

Keuntungan Yang Bisa Diperoleh

Seperti telah disinggung sebelumnya, penggunaan dari motor jenis inipun ternyata juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya diantaranya adalah.

Suaranya Jauh Lebih Halus

Keuntungan pertama apabila anda menggunakan motor ini adalah suaranya jauh lebih halus dan tidak berisik seperti tipe konvensional. Bukan hanya itu saja, pengguna juga tidak perlu mematikan mesin ketika berkendara di gang sempit karena takut mengganggu orang di sekitarnya. Karena inilah jelas mampu mengurangi adanya polusi suara.

Ramah Terhadap Lingkungan

Keuntungan lainnya mengapa harus segera beralih ke motor tersebut adalah ramah terhadap lingkungan. Sebab dengan penggunaannya maka tidak mengeluarkan emisi gas dimana dapat menyebabkan adanya pencemaran udara. Tidak hanya itu saja, tidak adanya karbondioksida tambahan juga menjadi keunggulannya.

Proses Perawatannya Cukup Mudah

Alasan lain mengapa anda harus menggunakan motor ini adalah karena proses perawatannya mudah. Bukan hanya mudah saja tetapi biayanya juga sangat murah. Sebab komponen didalamnya tidak sebanyak dengan kendaraan konvensional.

Penggunaan dari kendaraan roda dua listrik memang semakin disarankan karena dapat membantu meminimalisir adanya pencemaran lingkungan. Setelah memahami prinsip kerja motor listrik, dijamin anda akan langsung tertarik menggunakannya. Namun, jika belum punya biaya, sewa kendaraan di vrent.id adalah jawabannya.

Latest

Mar 06, 2024 Dealer Revolusi Kreatif Indonesia Viar (Vrent.id)...
Dec 16, 2023 KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI SPAREPART VIAR HUB...
Dec 13, 2023