~ 5 Minutes Read
Sep 15, 2022 ~ 5 Minutes Read

Sepeda Listrikmu Bermasalah? Cari Tahu Solusi dan Penyebabnya!


15

Sep 2022

Sepeda listrik lokal

sumber: Vrent Indonesia

Perkembangan teknologi yang pesat membuat kendaraan bertenaga listrik terwujud. Keberadaan kendaraan listrik saat ini sudah beragam, mulai dari sepeda hingga mobil. Tak hanya bertenaga baterai, kendaraan listrik diklaim lebih ramah lingkungan.

Penggunaan sepeda listrik saat ini sudah semakin banyak. Selain bentuknya yang ramping dan ringan, kendaraan beroda dua ini bisa melesat lebih jauh oleh karena penggunaan tenaga baterai yang minim effort.

Semakin sering digunakan, seringkali kita akan menemukan kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Bila dipaksakan, sepeda bisa saja mengalami mati mesin saat masih di perjalanan. Berikut beberapa masalah dan solusinya untuk mengatasi sepeda listrikmu yang rusak.

Baca juga: Cara Membersihkan Sepeda Listrik yang Tepat dan Benar

Ganti dengan baterai baru jika kerusakan baterai sudah parah

Baterai sepeda listrik

sumber: Vrent Indonesia

Salah satu permasalahan yang paling sering terjadi pada sepeda listrik adalah baterai. Jika sudah mengisi penuh daya tetapi sepeda sudah terasa tidak memiliki tenaga saat dikendarai, kemungkinan besar baterainya sudah bocor dan rusak. Solusi satu-satunya hanyalah mengganti baterai dengan yang baru.

Kerusakan baterai kemungkinan dikarenakan pengisian daya yang terlalu lama sehingga memicu kebocoran. Hindari juga jalanan menanjak yang tajam dan terlalu sering mengakselerasinya secara mendadak.

Memperbaiki kabel hall sensor, penyebab mesin ngadat atau tidak stabil

Tak hanya baterai, kerusakan sepeda listrik bisa saja terjadi pada dinamo yang bermasalah. Cirinya adalah saat sepeda dinyalakan, mesin seakan tak mau menyala. Mesin baru mau sepenuhnya menyala ketika diberi tenaga manual. Putarannya pun sangat lambat dan ketika digas, sepeda tak mau menyala sempurna.

Kerusakan motor penggerak ini biasa terjadi karena hall sensor dan terkadang akibat kerusakan 3 phase motor. Untuk kerusakan pada 3 phase motor, axle atau mounting dudukan sering terjadi akibat modifikasi yang kurang sempurna.

Apabila kabel hall sensor sudah rusak, pengguna bisa membongkar bagian jok sepeda listrik. Kemudian, buka bagian yang menghalangi controller agar kabel hall sensor bisa mudah diperiksa.

Kamu bisa coba menyalakan mesin dan buka handle gas agar mesin berputar. Saat masih dinyalakan, cabut salah satu kabelnya. Kamu bisa melakukan percobaan pada semua kabel. Ketika ada salah satu kabel yang dicabut dan mesin semakin ngadat atau justru mati, berarti kabel tersebut tidak bermasalah.

Sementara ketika ada kabel yang saat dicabut tetapi mesin seakan tidak terjadi apa-apa, itu adalah bagian bermasalahnya. Selanjutnya, kamu bisa ganti hall sensor rusak tersebut dengan yang baru.

Mengacak kabel kombinasi

Hal ini bisa kamu lakukan ketika masalah bukan terjadi pada kabel-kabelnya. Namun, hal ini biasa terjadi pada kendaraan yang sudah mengalami modifikasi.

Saat sepeda listrik menyala dan beberapa saat kemudian mati, mungkin saja terjadi karena komponen BLDC yang terlalu sering dibongkar. Kemungkinan lainnya, pemasangan komponen tersebut yang kurang pas.

memperbaiki komponen controller

Kerusakan pada bagian controller sepeda listrik ditandai dengan mesin yang tidak mau menyala meskipun sudah diaktifkan. Apabila ini sudah terjadi, kamu harus segera menggantinya. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, sebaiknya kamu serahkan pada tukang bengkel yang lebih berpengalaman, ya!

Baca juga: Keuntungan Bombastis! Tips Membuka Usaha Sewa Sepeda Listrik

Itu tadi beberapa penyebab dan cara memperbaiki sepeda listrikmu. Kalau kamu tidak begitu yakin menganalisis kerusakan sepedamu, serahkan saja pada ahlinya. Untuk kerusakan ringan, mungkin bisa kamu coba perbaiki sendiri. Perlu diingat, untuk selalu berhati-hati saat mencoba memperbaikinya, ya!

Latest

Oct 21, 2022 Kamu tak perlu ragu lagi untuk memilih motor list...
Oct 14, 2022 Munculnya larangan sepeda bertenaga baterai melin...
Oct 12, 2022 Tak hanya diklaim lebih ramah lingkungan, ada beb...