~ 5 Minutes Read
Sep 13, 2022 ~ 5 Minutes Read

Cara Membersihkan Sepeda Listrik yang Tepat dan Benar


13

Sep 2022

Sepeda listrik kian digemari dan menjadi primadona di masyarakat. Kendaraan ini kerap mencuri perhatian karena menggunakan daya baterai sehingga mudah digunakan untuk bermobilisasi. Kamu cukup menarik handle gas, sepeda langsung melesat. Minimnya tenaga yang dibutuhkan dan kemampuan jarak tempuh yang terbilang cukup jauh membuat sepeda listrik bisa digunakan oleh siapa dan kapan saja.

Penggunaan sepeda listrik tidak hanya terpaku pada sisa baterai maupun kinerja komponen-komponennya. Kebersihan sepeda bertenaga baterai ini haruslah diperhatikan juga.

Saat membersihkan sepeda listrik, kita tidak bisa menyamakannya dengan sepeda kayuh pada umumnya. Ada komponen-komponen yang harus mendapat perhatian ekstra. Pelajari, yuk, cara membersihkan sepeda listrik yang baik dan benar.

Baca juga: Yuk, Simak Cara Merawat Sepeda Listrik dengan Baik

Tips Mencuci Sepeda Listrik

  • Menutup rapat semua bagian unit yang bisa dibuka

Pertama, pastikan jok dan tempat pengisian daya sudah tertutup rapat. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada area kelistrikan yang tidak hanya merusak komponen baterai, tetapi juga dapat membahayakanmu sebagai pengguna.

  • Menghindari menyemprot air ke komponen kelistrikan sepeda listrik

Selanjutnya, sebaiknya hindari menyemprot air langsung ke bagian baterai, soket isi daya, dan controller. Tekanan air yang tinggi beresiko merusak komponen-komponen tersebut. Lebih baik, gunakan penyemprot air bertekanan sedang dan mulailah menyiramnya dari atas.

Di luar itu, kamu bisa mencuci sepeda listrik seperti biasa. Jangan biarkan sepeda kesayanganmu kotor. Selain membuatnya kinclong, rutin membersihkan sepeda listrik akan membuatmu nyaman saat berkendara.

  • Cek kondisi unit setelah proses pencucian selesai

Setelah selesai mencuci sepeda listrik, kamu bisa mengecek komponen-komponennya, seperti panel display, handle gas dan rem, controller, dan baterai. Hal ini untuk memastikan sepedamu selalu dalam kondisi baik dan aman untuk dikendarai.

Baca Juga: Apa Saja Komponen Kelistrikan Sepeda Listrik

Itu tadi tips-tips membersihkan sepeda listrik dengan tepat. Dijamin, sepeda listrikmu akan tetap awet dan terawat.

Latest

Mar 06, 2024 Dealer Revolusi Kreatif Indonesia Viar (Vrent.id)...
Dec 16, 2023 KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI SPAREPART VIAR HUB...
Dec 13, 2023