~ 5 Minutes Read
Mar 17, 2022 ~ 5 Minutes Read

Apa Saja Komponen Kelistrikan Sepeda Motor?


17

Mar 2022

Kendaraan bermotor tersusun dari beragam komponen, mulai dari mesin hingga sistem kelistrikan. Komponen kelistrikan sepeda motor menjalankan peran penting, karena tanpa adanya sistem kelistrikan maka fungsinya pun akan terganggu. Jika terdapat kendala pada komponen kelistrikan, mau tak mau pemilik harus mengeluarkan budget untuk perbaikan.

Tak seperti pada mobil, komponen kelistrikan motor cenderung lebih mudah dipahami dan lebih sederhana. Berikut sistem kelistrikan pada motor yang wajib diketahui para pemilik!

Sistem Kelistrikan Pada Motor

  • Generator/ Spull

Adalah perangkat yang digunakan untuk sumber energi listrik. Komponen ini dapat menghasilkan arus bolak balik, searah, serta AC berubah menjadi DC. Energi yang dihasilkan nantinya akan digunakan untuk mengisi komponen motor terlebih pada bagian mesin seperti CDI, busi, bola lampu, fluks, dan lain-lain.

  • Kiprok

Merupakan sistem kelistrikan yang kerap disebut sebagai regulator. Perangkat ini memiliki beberapa fungsi yakni mengubah arus bolak-balik dari generator menjadi arus searah dan sebagai stabilisator. Arus listrik tersebut kemudian akan dialirkan sebagai media dalam mengisi ulang aki, kemudian disalurkan ke starter, lampu motor, serta pengisi baterai.

  • Sekring

Sekring berfungsi sebagai perangkat keamanan listrik yang dapat mencegah kerusakan pada komponen tertentu. Alat ini bisa memutus arus listrik motor secara otomatis, sehingga apabila terjadi permasalahan tidak menyebar ke perangkat lainnya.

  • Kabel Badan Kendaraan

Komponen kelistrikan sepeda motor selanjutnya adalah kabel badan kendaraan. Kabel ini digunakan untuk mengalirkan arus dari komponen motor satu ke yang lainnya. Namun jika digunakan dalam waktu lama, kinerjanya pun akan menurun sehingga kurang mampu menyalurkan listrik. Untuk itulah kabel badan ini harus selalu dicek secara berkala.

  • Aki

Aki atau baterai, digunakan untuk menyimpan arus searah (DC) saat mesin kendaraan dalam kondisi mati. Energi cadangan tersebut dapat digunakan untuk menghidupkan kendaraan ketika di-starter.

Tak hanya itu, aki juga bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat motor lainnya sebut saja CDI, ECU, hingga lampu. Karena itu ketika motor kehabisan aki, maka mesin starter serta perangkat lainnya pun akan terganggu.

 

Tips Merawat Sistem Kelistrikan Motor

  • Bersihkan Soket Kiprok Secara Rutin

Membersihkan soket kiprok atau regulator harus dilakukan secara rutin, mengingat fungsinya yang cukup vital bagi kendaraan. Pasalnya ketika kiprok rusak, maka dapat mendatangkan masalah bagi aki.

  • Periksa Kondisi Generator

Selain itu memeriksa kondisi generator atau spull juga wajib dilakukan, untuk mencegah terjadinya kerusakan seperti hangus karena suhu mesin terlalu tinggi.

  • Periksa Kabel Bodi

Kondisi kabel bodi pun harus selalu dalam kondisi baik. Untuk itu disarankan setiap pemilik agar melakukan pemeriksaan rutin pada sambungan serta soket pada kabel.

  • Periksa Aki

Perawatan aki sangat penting dilakukan guna menunjang sistem kelistrikannya. Untuk aki basah, pemilik harus rutin mengecek kondisi air accu agar volumenya tetap dalam batas indikator. Sementara untuk aki kering, dapat dilakukan penggantian setelah dua tahun pemakaian.

Itulah komponen kelistrikan sepeda motor yang wajib diketahui. Karena setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing, sangat penting untuk selalu melakukan perawatan dan pengecekan rutin.

Latest

Mar 06, 2024 Dealer Revolusi Kreatif Indonesia Viar (Vrent.id)...
Dec 16, 2023 KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI SPAREPART VIAR HUB...
Dec 13, 2023