~ 5 Minutes Read
Mar 26, 2022 ~ 5 Minutes Read

Anti Ribet! 4 Cara Perawatan Motor Listrik


26

Mar 2022

Adanya penggunaan motor jenis listrik memang tidak terlalu banyak seperti tipe konvensional. Hal ini tentu membuat sebagian besar dari anda merasa bingung mengenai cara perawatan motor listrik tersebut bukan? Itu bukan tanpa alasan karena komponen dari kendaraan tersebut tentu berbeda dengan versi konvensional.

Walaupun masih belum sebanyak dengan motor biasa, tetapi penggunaan jenis kendaraan ini semakin menjamur. Bahkan semakin banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Adapun penggunanya sendiri berasal dari kalangan beragam. Hal tersebut juga tidak dapat dilepaskan dengan munculnya berbagai macam pilihan produk di pasaran.

Cara Perawatan Motor Listrik, Dijamin Mudah

Penggunaan motor listrik yang semakin menjamur inipun ternyata bukan tanpa alasan. Mulai dari adanya kesadaran dalam upaya mengurangi polusi hingga minimnya biaya perawatannya nanti. Namun, alasan biaya perawatan minim mungkin cukup krusial. Mengingat biaya perawatan motor konvensional biasanya cukup mahal yakni mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga : V-Rent Sewa Motor Jakarta Pusat Terbaik

Hal itu kemungkinan besar diakibatkan karena komponen dari jenis motor tersebut jauh lebih sedikit. Tetapi apakah anda telah benar-benar mengetahui bagaimanakah cara merawatnya? Ternyata tidak sulit kok, berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan.

  1. Rutin Mengganti Van Belt

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai upaya memberikan perawatan pada kendaraan adalah mengganti van belt. Adapun van belt merupakan komponen sangat penting bagi motor listrik karena bertugas buat menyalurkan tenaga menuju roda belakang sehingga kendaraan bisa melaju.

Perlu diingat bahkan secara umum, umur dari van belt inipun mampu bertahan hingga 3000 km. Walaupun pada jarak tersebut, pengguna masih merasakan tarikan yang nyaman, tetapi sebaiknya harus diganti jika sudah melewatinya.

  1. Jangan Pernah Menerobos Banjir

Kehadiran dari motor tipe inipun memang dipercaya mampu bertahan walaupun dalam keadaan banjir sekaligus. Namun untuk berjaga-jaga maka sebaiknya jangan pernah nekat untuk menerobos banjir dimanapun. Apabila sedang dihadapkan dengan jalanan banjir, maka sebaiknya tunda perjalanan dengan menggunakan motor.

  1. Selalu Memperhatikan Sistem Pengereman

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah sebaiknya anda memperhatikan sistem pengereman dari kendaraan tersebut dengan baik. Komponen inipun ternyata wajib mendapatkan perhatian khusus. Pastikan apabila mengeceknya setiap 2 atau 3 bulan sekali pada bagian kampas rem. Gantilah sistem ini apabila kinerjanya mengalami penurunan.

  1. Jangan Lupa Cabut Baterai Jika Tidak Digunakan

Cara perawatan jenis kendaraan diatas lainnya adalah jangan lupa mencabut baterai apabila tidak digunakan. Terlebih lagi jika anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu cukup lama. Namun, sebelum dilepas pastikan bahwa baterai harus dalam kondisi penuh terlebih dahulu.

Selain itu, kami juga menyarankan agar menghindari mencuci kendaraan dengan menggunakan air bertekanan tinggi sebab dapat merusak komponen didalamnya. Anda tidak ingin ribet menerapkan Cara perawatan motor listrik? Vrent.id bisa menjadi solusi paling recommended.

Latest

Mar 06, 2024 Dealer Revolusi Kreatif Indonesia Viar (Vrent.id)...
Dec 16, 2023 KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI SPAREPART VIAR HUB...
Dec 13, 2023