~ 5 Minutes Read
Oct 21, 2022 ~ 5 Minutes Read

Amankah Mengendarai Motor Listrik Saat Hujan?


21

Oct 2022

hujan motor listrik

Tes banjir pada motor listrik Viar Q1 (sumber: viva.co.id)

Keberadaan motor listrik sudah menjadi sebuah kebutuhan saat ini. Minat masyarakat kian naik seiring meningkatnya kesadaran akan bahaya polusi udara yang kini sudah di tahap cukup mengkhawatirkan.

Di tengah upaya mengatasi polusi udara, kehadiran motor listrik dianggap sebagai salah satu solusinya. Kendaraan roda dua ini dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan gas emisi karbon selama penggunaannya.

Meski minat masyarakat kian naik, ada sebuah isu yang membuat kendaraan bertenaga baterai ini dipertanyakan keamanannya. Hal ini berkaitan tentang keamanan saat berkendara di kala hujan, bahkan banjir.

Masyarakat masih merasa ragu untuk mengendarai motor listrik saat hujan. Kekhawatiran ini bisa dimaklumi karena penggunaan sumber listrik sebagai sumber tenaga motor masih tergolong baru. Salah-salah, korsleting listrik bisa menjadi masalah besar yang membahayakan pengendara.

Baca Juga: Keuntungan menjadi Pengguna Motor Listrik yang Wajib Kamu Ketahui

Tips mengendarai motor listrik di kala hujan

Ketika berkendara, kita tentu ingin aman dan nyaman sampai ke tujuan termasuk saat hujan turun dalam perjalanan. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama berkendara, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  • Ketahui kemampuan motor listrikmu jika terkena hujan dan banjir

Tak semua motor listrik memiliki kemampuan yang sama saat terkena air. Ada motor yang didesain hanya untuk menahan percikan air, tapi akan beresiko ketika digunakan di bawah guyuran hujan lebat. Ada pula yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga mampu menembus hujan, bahkan banjir sekalipun.

Motor listrik Viar Q1 sudah didesain menggunakan teknologi waterproofing yang membuatnya mampu beradaptasi dengan segala kondisi alam dan cuaca di Indonesia. Kemampuan ini membuatmu tetap aman ketika harus menerjang hujan dan banjir.

  • Selalu cek daya baterai sebelum berkendara

Kebiasaan ini harus dilakukan meski tidak turun hujan. Dengan membiasakan diri mengecek daya baterai sebelum berkendara, kamu tidak perlu khawatir saat harus menempuh jarak cukup jauh, bahkan ketika hujan turun sekalipun.

  • Hindari area banjir dengan ketinggian lebih dari 30 cm

Ingat, untuk selalu menjaga batas aman dengan tidak nekat menerobos banjir yang melebihi dek motor atau 30 cm. sama halnya dengan motor konvensional, motor listrik pun akan bermasalah jika dipaksa untuk menerjang banjir yang tinggi. Selama kamu mengikuti batasan ini, motor listrikmu tetap berfungsi dengan baik dan aman.

  • Jaga jarak dengan kendaraan lain

Hal ini untuk menghindari potensi traksi pada ban yang bisa menimbulkan selip. Banjir yang menutupi jalanan ini akan memberikan kesulitan bagi para pengendara yang melewatinya. Dengan menjaga jarak aman, kamu bisa memastikan keamanan berkendara, terlebih saat hujan lebat dan banjir.

Baca Juga: Perbedaan Motor Listrik dan Sepeda Listrik yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu tak perlu ragu lagi untuk memilih motor listrik sebagai alat transportasi andalanmu. pastikan motor listrikmu dalam keadaan prima agar terlindungi dari kemungkinan terjadinya masalah jalur kelistrikan saat turun hujan. Selalu taati aturan yang ada agar kamu bisa tetap berkendara aman dan nyaman.

Latest

Mar 06, 2024 Dealer Revolusi Kreatif Indonesia Viar (Vrent.id)...
Dec 16, 2023 KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI SPAREPART VIAR HUB...
Dec 13, 2023